Debut Coutinho Tuai Pujian

Philippe Coutinho melakoni laga debut bersama Barcelona saat bersua Espanyol pada leg kedua perempat final Copa del Rey. Meski tak mencetak gol, performa Coutinho menuai banyak pujian.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (25/1/2018) waktu setempat, Coutinho baru tampil pada menit ke-68. Pemain 25 tahun itu masuk menggantikan Andres Iniesta.

Pergerakan Philippe Coutinho di lini tengah mampu merepotkan barisan belakang Espanyol. Bahkan, umpannya pada menit ke-75 kepada Luis Suarez nyaris berbuah gol, andai tak digagalkan kiper.

Kendati tidak tampil selama 90 menit penuh, pemain asal Brasil itu turut membantu El Barca meraih kemenangan 2-0. Sepasang gol Barcelona disarangkan Suarez (9′) dan Lionel Messi (25′).

“Coutinho adalah pemain hebat dan dia telah menyesuaikan diri dengan baik bersama Barcelona,” ujar bek Los Cules, Jordi Alba.

Selain Alba, pujian buat Philippe Coutinho juga diutarakan oleh Gerard Pique. Bek timnas Spanyol itu menganggap Coutinho memiliki kemiripan bermain dengan Andres Iniesta.

“Philippe Coutinho memiliki gaya yang tepat untuk Barca, dan dia adalah pemain yang mirip dengan Iniesta dalam banyak hal,” kata Pique.

Valverde mengatakan Barca memiliki harapan tinggi terhadap Coutinho. La Blaugrana berharap mantan bintang Liverpool itu bisa menyatu dan meningkatkan gaya permainan Barcelona.

Dia memuji Coutinho sebagai pemain yang memiliki percaya diri dan akan membantu Barca dalam situasi satu lawan satu. “Dia bisa menemukan area yang tanpa penjagaan dan ketika dia mendekati area tersebut, Anda bisa merasakan situasi bahaya bagi pertahanan lawan,” kata dia.

Selama penampilannya, dia tampak bisa menyatu dengan permainan Barca. Bahkan, dia sempat membuat peluang bagi Suarez menciptakan gol tambahan untuk La Blaugrana.

Philippe Coutinho ditebus Barcelona dari Liverpool pada 6 Januari 2018 dengan banderol 160 juta euro (Rp 2,58 triliun). Los Cules mengikat Coutinho hingga 30 Juni 2023.

%d bloggers like this: