Sacchi Berharap Timnas Italia Harus Bangkit Untuk Piala Dunia

Sacchi Berharap Timnas Italia Harus Bangkit Untuk Piala Dunia

Sacchi Berharap Timnas Italia Harus Bangkit Untuk Piala Dunia
Membangkitkan klub yang sudah terpuruk tentu saja tidak mudah seperti kita membalikkan tangan. Akan tetapi sks pelatih AC Milan Arrigo Sacchi membeberkan empat langkah yang bisa diambil oleh federasi sepakbola Italia yakni FIGC untuk membangkitkan kembali Azzuri yang terpuruk di pentas internasional. Semua ini berkaitan dengan kondisi dimana sepakbola Italia saat ini sedang terpuruk. Hal itu terlihat saat timnas Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada babak penyisihan diketahui timnas Italia mengalami kegagalan untuk menjadi juara grup. Sementara saat berlaga di babak playoff, mereka dikalahkan oleh Swedia dengan agregat 1-0.

Dengan demikian itu adalah kegagalan pertama bagi timnas Italia lolos ke putaran final Piala Dunia dalam kurun waktu 59 tahun terakhir. Yang pada akhirnya kegagalan ini pun mencetuskan adanya perombakan menyeluruh dalam sistem sepakbola di negeri Spaghetti tersebut.

Atas apa yang menimpa timnas Italia itu Arrigo Sacchi lantas ditanya langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh FIGC untuk membangun kembali kejayaan sepakbola Italia. Menurut eks direktur sepakbola Real Madrid ini, ada empat hal yang bisa dijalankan oleh federasi.

“Pertama: akademi. Semua klub profesional harus membuat akademi dan memberikan pemain 16-18 jam seminggu dengan pelatih yang berkualitas. Itu langkah pertama. Langkah kedua adalah Federasi harus menciptakan pelatih-pelatih ini melalui Coverciano Supercorso. Ketiga, harus ada protokol umum di antara semua sektor pendidikan pemain muda seperti yang ada di Jerman di mana, setelah tahun 2000, mereka melakukan perubahan dan kembali menjadi hebat. Langkah keempat, yang menentukan, adalah penciptaan pusat-pusat federasi berkualitas di mana anak-anak dapat berlatih dan, sebagai hasilnya, meningkatkan kemampuan mereka,” demikian penjabaran yang diberikan oleh Sacchi.

“Semua ini jelas, dengan ide yang kuat bahwa bola harus berada di pusat proyek ini,” tegas Sacchi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: