Perempat-Final: Rusia – Kroasia

Perempat-Final: Rusia - Kroasia

Perempat-Final: Rusia - KroasiaKedua tim pernah tiga kali bertemu sebelumnya di berbagai ajang, dengan dua imbang dan satu kemenangan untuk Kroasia.
Tuan rumah Rusia akan bersaing dengan Kroasia untuk memperebutkan tempat di semi-final Piala Dunia 2018 saat kedua tim bertemu di Sochi, Minggu (8/7) dini hari WIB.

Rusia memiliki keuntungan tampil di rumah sendiri dalam pertandingan perempat-final lawan Kroasia ini, apalagi mereka masih dalam kondisi keyakinan tinggi usai menyingkirkan Spanyol melalui adu penalti yang dramatis di babak 16 besar.

Sementara itu, Kroasia juga melaju ke babak perempat-final dengan kemenangan lewat adu penalti setelah sempat imbang 1-1 lawan Denmark.

Sebelumnya tuan rumah tidak pernah lolos dari fase grup sejak berubah nama menjadi Rusia sehingga Piala Dunia 2018 ini adalah pengalaman pertama mereka ada di fase knock-out, namun ketika bersama Uni Soviet terakhir kali mereka mencapai empat besar adalah pada 1966, sedangkan Kroasia finis di urutan ketiga pada 1998.

Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov, yang dikenal tenang dalam membangun permainan, menyatakan dirinya tidak mau terganggu dengan tingginya perhatian pada timnya.

“Sebagai pelatih saya berusaha tidak menonton TV, saya tidak membaca koran, saya hanya berkonsentrasi pada pekerjaan saya. Saya yakin hal yang sama pada para pemain. Saya berusaha tidak terganggu. Jika mendapat surat kabar, saya akan membaca headline. Kritik itu bagus, tapi saya yakin kita harus membuka mata dan telinga kita,” ujar Cherchesov kepada Sky Sports.

“Kami orang-orang Rusia sangat ekstrem, jadi jangan sampai ke ekstrem-ekstrem ini. Saya yakin ini seharusnya kritik yang konstruktif dan analitis. Anda bilang orang-orang itu sangat gembira: kami, orang-orang di dalam tim, bukanlah orang-orang yang seharusnya sangat gembira.”

Kedua tim sudah bertemu tiga kali sebelumnya dalam berbagai ajang, dengan dua pertandingan berakhir imbang tanpa gol di kualifikasi Piala Eropa 2008, dan Kroasia meraih kemenangan di pertemuan terakhir, dengan skor 3-1 di laga uji coba pada November 2015.

Di pertandingan ini, Yuri Zhirkov tidak bisa memperkuat Rusia akibat masalah betis, namun Alan Dzagoev bisa kembali tampil setelah mengalami cedera hamstring di pertandingan pembuka dengan kemenangan atas Arab Saudi.

Sementara itu, Ivan Strinic diperkirakan akan bisa tampil untuk Kroasia, meski ia terlihat mengalami cedera saat lawan Denmark, sedangkan Mateo Kovacic juga sudah fit menyusul pulih dari masalah bahunya.

Pemenang di pertandingan perempat-final ini akan bertemu antara Swedia dan Inggris, yang bertanding lebih awal, Sabtu (7/7) malam WIB. Semi-final yang lain sudah mempertemukan Prancis dengan Belgia.

%d bloggers like this: