Parma Akhiri Paceklik

Parma Akhiri Paceklik Parma menuntaskan dahaga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di Seri B. Itu terjadi setelah skuat asuhan Roberto D’Aversa menggulung Novara 3-0 di Stadion Ennio Tardini, Sabtu (27/1).

Tiga gol Parma pada pekan ke-23 kompetisi kasta kedua Italia itu disumbang pemain berbeda. Alessandro Lucarelli mengawali pesta timnya pada menit ke-42.

Semenit jelang bubaran, penalti Emanuele Calaio menggandakan keunggulan atas Novara. Belum kering luka yang dialami tim tamu, Manuele Scavone memastikan kemenangan Parma (78).

Hingga wasit Francesco Paolo meniup peluit panjang, skor 3-0 untuk tuan rumah tidak berubah. Kemenangan ini mendongkrak Parma ke peringkat empat klasemen sementara dengan 36 poin.

Mereka tertinggal tujuh angka dari Palermo yang kokoh di puncak (43 poin) diikuti Empoli (40 poin). Sesuai regulasi, hanya dua tim teratas yang berhak promosi langsung ke Seri A musim depan.

Sementara, satu tiket tersisa diperebutkan peringkat tiga hingga delapan lewat jalur play-off. Dengan 19 pekan tersisa, peluang Parma untuk kembali ke Seri A masih terbuka.

Syaratnya, Roberto Insigne dan kawan-kawan harus konsisten hingga 18 Mei mendatang. Mereka tidak boleh lagi angin-anginan seperti yang terjadi dalam lima pertandingan terakhir.

Dalam periode itu, I Gialloblu hanya mampu meraih empat imbang dan berujung kekalahan dari Cremonese 0-1 (20/1). Hasil minor itu membuat Parma terlempar dari puncak klasemen sementara.

Namun, awan gelap itu perlahan mulai sirna dari kamar ganti jawara Piala FA 1994/95 dan 1998/99 tersebut berkat kemenangan telak atas Novara. Konsistensi Parma kini ditunggu Brescia (3/2) yang butuh hasil positif akibat belom pernah meraih kemenangan dalam enam laga terakhir.

Pertandingan Terakhir Parma di Seri B

16 Desember: Parma 0-0 Cesena
21 Desember: Bari 0-0 Parma
27 Desember: Parma 0-0 Spezia
20 Januari: Cremonese 1-0 Parma
27 Januari: Parma 3-0 Novara

%d bloggers like this: