Neymar Terancam Pidana Korupsi

Neymar Terancam Pidana Korupsi
Neymar Terancam Pidana Korupsi

Neymar Terancam Pidana Korupsi

Bintang sepak bola Brasil, Neymar Jr, harus kembali menghadapi pengadilan pidana korupsi dan penipuan terkait transfer dirinya dari Santos ke Barcelona.

Seperti dilansir dari AS, hal itu terpaksa dilewati Neymar setelah bandingnya ditolak Pengadilan Tinggi Spanyol pada awal pekan ini.

Neymar terbelit ke kursi pengadilan karena kontroversi uang yang dibayar Barca saat memboyong sang bintang dari Santos. Bukan hanya Neymar, karena kasus itu juga membelit ayahnya, mantan presiden Barcelona Sandro Rossel, dan presiden Barcelona saat ini Josep Maria Bertomeu.

Ada rekomendasi dari jaksa Spanyol yang mengusulkan agar Neymar diberi hukuman dua tahun penjara atas tindakannya, sementara ia juga merekomendasikan Rosell dipenjara lima tahun dan klub didenda 8,4 juta euro atau setara Rp118 miliar.

Atas penolakan banding yang dilakukan Pengadilan Tinggi Spanyol tersebut Neymar tak bisa mengajukan banding kembali. Nyatanya bukan hanya banding Neymar, dalam kasus tersebut pengadilan tinggi pun menolak banding dari Santos, Barcelona, ibunya (Nadine Goncalves) serta perusahaan citra N&N.

Kontroversi transfer Neymar dibawa ke pengadilan oleh firma investasi di Brasil, DIS, yang merupakan salah satu perusahaan yang memiliki hak citra diri Neymar. Dan, saat transfer Neymar ke Barcelona pada 2013, DIS mengklaim tak menerima hak 40 persen secara penuh.

DIS, yang hanya menerima 6,8 juta euro dari jumlah transfer. Neymar diklaim ditransfer ke Barcelona dengan harga 100 juta euro, namun sisa 40 juta euro dibayarkan tim dengan julukan Blaugrana tersebut kemudian.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: