Deschamps Bagi Pengalaman Hadapi Piala Dunia

Deschamps Bagi Pengalaman Hadapi Piala Dunia

Deschamps Bagi Pengalaman Hadapi Piala Dunia
Dalam memberikan semangat bagi para pemainnya semua pelatih memiliki cara tersendiri. Seperti halnya sang pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, memberi petuah tiga kata untuk anak asuhnya jelang final Piala Dunia 2018. Tiga kata tersebut yakni untuk tetap merasa enjoy, percaya diri dan fokus.

Pada babak terakhir ini timnas Prancis berhasil melaju ke babak final usai membekuk Belgia dengan skor 1-0 pada babak semifinal. Sementara itu, Kroasia menyingkirkan Inggris lewat pertarungan sengit selama 120 menit hingga akhirnya menang dengan skor 2-1. Masuk laga final tentu saja akan membuat para pemain berada dalam tekanan tersendiri. Namun, Deschamps tak ingin hal tersebut terjadi pada Antoine Griezmann dan kolega.

Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dari Deschamps yang pernah tampil di final Piala Dunia, sebagai pemain. Posisi dirinya saat ini yang sebagai pelatih membuatnya bisa memberi petuah penting bagi anggota skuat Les Blues.

“Sebuah kebahagiaan yang luar biasa dan hak istimewa bisa bermain di laga final. Tidak ada yang lebih indah bagi seorang profesional selain bermain di final Piala Dunia. Kami sudah mempersiapkan tim dengan sangat baik. Kami harus tetap enjoy, tetap percaya diri dan fokus. Itu adalah tiga kata yang kami resapi dalam persiapan ke final,” kata Deschamps.

Sementara itu timnas Kroasia memiliki catatan selalu bermain selama minimal 120 menit sejak lolos dari babak grup. Dua laga diselesaikan lewat adu penalti. Artinya, stamina Luka Modric dan kolega terkuras sebelum laga final. Akan tetapi Deschamps meminta anak asuhnya tak melihat faktor tersebut. Sebab, eks pelatih Juve yakin jika Kroasia punya skuat yang sangat berpengalaman.

“Kroasia punya pemain dengan pengalaman bermain di klub yang hebat dan skuat mereka telah bermain bersama untuk waktu yang lama. Tapi, kami juga melawan tim yang berpengalaman sebelumnya,” tegasnya.

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Hernandez, Umtiti, Varane, Pavard; Pogba, Kante; Matuidi, Griezmann, Mbappe; Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps.

Kroasia (4-1-4-1): Subasic; Strinic, Vida, Lovren, Vrsaljko; Brozovic; Perisic, Rakitic, Modric, Rebic; Mandzukic.
Pelatih: Zlatko Dalic.

%d bloggers like this: