Adu Penalti yang Tumbangkan Rusia

Adu Penalti yang Tumbangkan Rusia

Adu Penalti yang Tumbangkan RusiaDrama adu penalti melawan Rusia mengantarkan Kroasia ke babak semifinal Piala Dunia 2018. Setelah melewati empat babak dengan skor 2-2, adu 12 pas antara kedua kesebelasan berakhir dengan skor 3-4.

Hasil adu penalti tersebut membawa Kroasia ke babak empat besar. Ada Inggris yang menanti di partai semifinal yang akan dimulai pada Rabu (11/7) mendatang. Selain dua negara tersebut, dua negara lain yang juga menembus semifinal yakni Prancis dan Belgia.

Laga antara Rusia melawan Kroasia berlangsung dramatis. Di babak pertama, kesebelasan berjuluk the Blazers sebetulnya sempat tertinggal. Rusia berhasil membuka keunggulan pada menit ke-31 lewat gol Denis Cheyshev.

Pemain Rusia Denis Cheryshev (ketiga dari kanan) merayakan gol usia menjebol gawang Kroasia dalam pertandingan perempat Final Piala Dunia 2018.

Namun permainan agresif yang ditonjolkan para pemain asuhan Zlatco Dalic mampu membalas cepat. Persis pada menit ke-39, sundulan Anderj Kramaric umpan dari Mario Mandzukic berhasil menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan lama sampai babak pertama usai.

Di babak kedua, Kroasia sebetulnya unggul dari Rusia. Penguasaan bola Luka Modric dan kawan-kawan di atas 60 persen. Namun 34 persen penguasaan bola para penggawa Sbornaya mampu menahan. Skor imbang 1-1 bertahan sampai menit ke-90. Pertandingan, pun dilanjutkan dengan dua kali babak tambahan.

Lima belas menit babak tambahan pertama, Krosia membalikkan keunggulan. Sepak pojok dari Luka Modric pada menit ke-100, berhasil ditanduk pemain belakang Demagoj Vida yang membantu serangan.

Pemain Kroasia Domagoj Vida (kanan) menggelar selebrasi setelah memasukkan gol pada Perempat Final Rusia melawan Kroasia, di Sochi, Sabtu (7/7)

Sundulan pemain berangka punggung 21 tersebut membuat Kroasia di atas angin memimpin dengan skor 1-2 sampai babak ketiga pungkas. Tapi di babak tambahan kedua, Rusia tak menyerah.

Pada menit ke-114, pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Kroasia menguntungkan Rusia. Wasit memberikan sepakan bebas. Alan Dzagoev yang mengambil eksekusi dan mengumpan bola kedepan gawang. Pemain belakang Mario Fernandez dengan sundulannya kembali menyamakan kedudukan 2-2.

Skor imbang 2-2, bertahan sampai menit akhir babak tambahan kedua. Sampai menit ke-120, skor 2-2 tetap. Namun harus ada yang kalah dalam laga kali ini. Wasit meminta kedua kesebelasan untuk menyiapkan adu penalti untuk tiket semifinal.

Adu tos-tosan kedua kesebelasan, pun tak kalah sengit. Lima eksekutor, Rusia gagal pada tendangan pertama dan ketiga oleh Fedor Smolov dan Mario Fernandez. Sedangkan Kroasia, cuma sekali gagal lewat tendangan Mateo Kovavic. Skor pertandingan antara kedua kesebelasan pun berakhir 2-2 (3-4).

%d bloggers like this: